Minggu, 23 Juni 2013

Macam Macam Majas

A. Majas Perbandingan
NO
Majas Perbandingan
1
Asosiasi

a. Sayangku pergi seperti tertiup angina.

b. Dirimu lenyap seperti di telan bumi.
2
Metafora

a.

b.
3
Persnofikasi

a. Dahan pohon itu melambai – lambai kepadaku.

b.
4
Alegori

a.

b.

B. Majas Pertentangan
NO
Majas Pertentangan
1
Hiperbola

a. Suara anak itu seperti suara toa di mesjid.

b. Tubuhnya sangat tinggi sampai – sampai langit bias ia gapai.
2
Litoes

a. Aku berharap kamu menerima aku yang tak setampan Nicolas saputra.

b. Aku ingin kamu menerima hadiahku ini yang tak terla;lu indah ini.
3
Ironi

a. Tulisanmu sangat rapih nak, seperti cacing kepanasan.

b. Anto kamu wangi sekali, 3 hari kamu tidak mandi.
4
Sinisme

a. Sikapmu sungguh membuat aku jengkel.

b. Kata – katamu membuat kupingku panas.
5
Oksimoron

a. Cinta itu Indah. Tapi jga menyakitkan.

b. Wanita itu memang cantik, tapi hatinya tak secantik wajahnya.





C. Majas Pertautan
NO
Majas Pertautan
1
Metonimia

a. Saya pergi ke sekolah menggunakan Honda.

b. Paman sangat menggemari Supranya.
2
Sinekdoke

a. Ibu memotong 3 ayamnya untuk makan nanti malam.

b. Saya mendapat predikat anak terpandai di kelas.
3
Alusi

a. Adik mengingatkan sikap ayahnya waktu kecil.

b. Kakak sering menirui sikap ibunya sewaktu muda dulu.
4
Eufimisme

a.

b.
5
Elipsis

a. Saya akan berangkat ke Bogor sekarang.

b. Kami akan menonton bola di TV.
6
Inversi

a. Telah kembali, ayah dan ibu.

b. berjumpa kembali, mereka berdua.
                           
D. Majas Penegasan
NO
Majas Penegasan
1
Pleonasme

a. Ayo kita semua Berlari ke depan.

b. Semua anak – anak sedang melihat ke atas bukit.
2
Klimaks

a. Saya mempunya kaos, kemeja, jas di rumah.

b. Saya suka memakai sandal, sepatu sendal atau sepatu sport.
3
Antiklimaks

a. Para ibu, para bapa, para teman  terima kasih sudah dating ke acara ulang tahun saya.

b. Para guru, para pembimbing, para pelatih di perkenankan menikmati hidangannya.
4
Retoris

a. Siapakah yang hidupnya ingin damai?

b. Adakah orang yang tak memerlukan istirahat?
5
Aliterasi

a.

b.
6
Antanaklasis

a. Wanita itu memang cantik, tapi hatinya tak secantik wajahnya.

b. Ibu negara Indonesia, mendatangi ibu kota Bandung.
7
Repetisi

a. Selamat datang ibuku, selamat datang ayahku.

b. Sampai besok temanku, sampai besok sayangku.
8
Paralelisme

a. Lagu ini kepedihan

b. Lagu ini air mata
9
Kiasmus

a. Mereka yang tinggi merasa dirinya pendek, sedangkan yang pendek merasa     dirinya tinggi.

b. Saya yang tampan ini merasa saya jelek, sedangkan yang dirinya jelek merasa sangat tampan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar