Sabtu, 16 Maret 2013

pengalaman pertama kali membuat sistem

             Saat pertama kali saya membuat sistem itu pada saat saya masih duduk dibangku sekolah, tepatnya kelas 2 SMA. pada saat itu saya masih coba coba. dan apa yang saya fikirkan tentang algoritma itu sangat sulit sekali pada saat itu. dengan mendengarkan kata algoritma saja saya sudah memikirkan betapa sulinya mempelajari algoritma. Pada akhirnya saya pun tetap untuk mencoba mebuat sistem dengan membuat database sederhana. Ternyata Algoritma tidaklah sulit dan mnyeramkan seperti apa yang saya bayangkan selama ini. dengan saya membaca buku algoritma dan pemrograman punya kaka saya. toh, malah saya berfikiran ko ini malah seperti anak sd. Saat saya melihat pertama kali yaitu flow chart, yang saya lihat flow chart adalah rangkaian atau urutan proses dari awal sampai akhir. Apalagi yang saya baca pertama kali itu tata cara membuat air matang. itu kan sangat mudah sekali. nah dari hal inilah pada akhirnya saya semakin semangat untuk belajar membuat sistem.
            Akhirnya saya belajar dengan bagai mana membuat database menggunakan Microsoft access, yang mana ini adalah program yang diperuntukan untuk membua DataBase. Tampilanya pun sudah sangat gampang dan mudah dipelajari. sekiranya dengan hanya membaca buku sedikit dan mncoba coba secara ngasal. Akhirnya saya mengerti beberapa kegunaan dan fungsi fungsi tool bar yang terdapat di Microsoft Access. saat saya mempelajari tentang Database saya dibingungkan lagi dengan adanya harus primary key. karena saya pun belum mengerti. akhirnya saya mencoba untuk mengerti dari apa maksud Primary Key. dan ternyata Primary key itu adalah kunci utama dari database. kenapa bisa dikatakan seperti itu? karena menurut saya tanpa adanya primary key. Database tersebut tidak akan dapat terhubung dengan data data yang lainya, contoh : untuk melakukan relasi atau misalkan penggabungan antara beberapa table itu sangat dibutuhkan primary Key. Biasanya Primary Key itu berbentuk unik bisa dengan angka semua ataupun dengan penggabungan angka dan huruf, dimana setiap angka dan huruf tersesbut memiliki arti yang dibutuhkan oleh sang pembuat databasenya.
           Setelah saya mengerti apa itu tentang Primary Key akhirnya saya mempelajari beberapa hal lain lagi, yaitu tipe data. namun tidak begitu sulit untuk dipaham. karena tipe data itu sekiranya dengan logika manusia pun secara otodidak dapat langsung mengerti dengan apa yang dilihatnya dengan membedakan mana yang angka, mana yang huruf, mana angka dan huruf, mana yang tanggal dan lain lain.
          Setelah beberapa saya di depan komputer saya. mengutak atik rancanganya, dan mencoba beberapa contoh : dengan memasukan data, menghapus data, memperbaiki isi data itu saya lakukan. setelah saya mengerti teryata membuat sistem itu tidaklah terlalu rumit. itu pemikiran saya dulu. dan setelah saya memasuki jurusan komputer, ternyata masih banyak yang harus saya pelajari karena model model sistem yang diperlukan itu memerlukan desain, pemikiran dan efisienpun harus difikarkan. oleh karena itu memang harus lebih mendalami terus ilmu. karena ilmu pengetahuan terus berkembang setiap tahun. kalau kita berhenti hanya di salah satu macam program atau salah satu bahasa komputer maka kita akan terlambat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar