• Manajer
• Non manajer
• Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan.
TINGKATAN MANAJEMEN
- Tingkat perencanaan strategis , direktur, wakil direktur, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan. Manajer Puncak membuat rencana jangka panjang ( 5, 10 / 20 tahun ke depan) atau mengambil keputusan yang mempengaruhi terhadap jalannya perusahan
- Tingkat pengendalian manajemen, manajer wilayah, ka. Divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan. Guna mencapai tujuan perusahaan maka harus direncanakan biaya , personil dll
- Tingkat pengendalian operasional, supervisor, pimpinan proyek, menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer diatasnya, merupakan tempat berlangsungnya operasional perusahaan. Manajer mempunyai wewenan untuk mengawasi operasional sehari-hari agar dapat berlangsung secara efektif dan efesien. Bertanggung jawab menjalankan rencana yang ditentukan oleh manajer tingkat atasnya.
APA YANG DI LAKUKAN OLEH MANAJER
Fungsi-fungsi Manajemen (Henri Fayol) :
• Plan (merencanakan), Manajer merencanakan apa yang akan dilakukan.
• Organize (mengorganisasikan), Manajer mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut.
• Staff (menyusun staf), Manajer menyusun staff organisasi dengan sumber daya yang
diperlukan.
• Direct (mengarahkan), Dengan sumber daya yang ada, para manajer mengarahkan untuk melaksanakan rencana tersebut.
• Control (mengendalikan), Akhirnya para manajer mengendalikan (controlling) sumber daya tersebut menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Peran-peran Manajerial (Henry Mintzberg) :
• Peran Antar Pribadi
Tokoh (figurehead)
Pemimpin (leader)
Penghubung (liaison)
• Peran Informasi
Pemantau (monitor)
Pewarta (disseminator)
Jurubicara (spokesperson)
• Peran Keputusan
Wirausaha (entrepreneur)
Pengelola gangguan (disturbance handler)
Pembagi sumber daya (resource allocator)
Perunding (negotiator)
Keahlian Pihak Manajemen :
1. Komunikasi, manajer menerima/mengirimkan informasi dalam bentuk :
a. Lisan ; pada saat meeting, dll.
b. Tulisan ; laporan, surat, dll.
2. Pemecahan Masalah, sebagai kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan (manajer terlibat dalam pengambilan keputusan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar