Selasa, 08 November 2011

Organisasi Komputer

§Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi  antar  komponen  penyusun  sistem  komputer  dalam  merealisasikan  aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
§Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
§OSK → berhubungan dengan sumber daya komputer secara fisik dan berkaitan dengan organisasi, integrasi dan control komunikasi aliran data.
§Arsitektur Komputer → berhubungan dengan karakteristik yang terlihat oleh programmer.
§Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan  secara  langsung  ataukah  melalui  mekanisme  cache  adalah  kajian organisasional.


Struktur dan fungsi utama Komputer


Struktur Komputer
  Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Terdapat empat struktur utama:
     1. Central Processing Unit  (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan    pusat pengolahan fungsi - fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut   sebagai processor (prosesor) saja.
      2.  Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
      3. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
      4. System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori   utama dan I/O.
 Fungsi Komputer
§Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana. Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
     - Fungsi Operasi Pengolahan Data
     - Fungsi Operasi Penyimpanan Data
 -
Fungsi Operasi Pemindahan Data
 -
Fungsi Operasi Kontrol




Tidak ada komentar:

Posting Komentar