Rabu, 11 Desember 2013

Aplikasi Manajemen Data Apotek Berbasis Client Server (Studi Kasus : Apotek Rumah Sakit Dr. Suyoto Jakarta)


Abstrak

Penggunaan aplikasi berbasis komputer guna mendukung setiap kegiatan atau proses bisnis sebuah instansi menjadikannya sebuah solusi tepat untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan. Memberi kemudahan, kecepatan dan meminimalkan aktifitas bisnis merupakan alasan penting perlunya pemanfaatan teknologi di segala aspek bidang usaha.

Rumah Sakit Dr. Suyoto merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan cukup dikenal luas. Rumah sakit ini memiliki sebuah apotek dimana setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses transaksi obat, pembuatan resep dan perekapan laporan dilakukan secara manual. Tidak ada perlakuan khusus terhadap informasi internal baik itu mengenai pendataan pegawai, obat-obatan, stok obat maupun laporan kegiatan transaksi di apotek. Pendataan saat ini hanya berdasarkan kertas form rekap yang dicatat kembali ke dalam buku laporan, sedangkan kertas form dikumpulkan dan disimpan ke lemari arsip. Kurangnya integrasi dan tidak adanya penyajian informasi terkini mengenai data apotek dengan data gudang dalam proses bisnis saat ini menjadi suatu permasalahan tersendiri.

Dilatarbelakangi kondisi yang demikian, maka dibuatlah sebuah aplikasi khusus yang mampu melakukan pendataan dan manajemen data apotek di Rumah Sakit Dr. Suyoto. Aplikasi yang berbasis GUI desktop serta implementasiannya sepenuhnya menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Penerapan sistem data terpusat dimana proses penyimpanan, pengelolaan dan penyediaan data memanfaatkan sebuah aplikasi database server yakni Microsoft SQL Server 2000. Selain itu mekanisme sistem aplikasi menerapkan arsitektur client-server sebagai dasar penerapan sistem data terpusat guna memudahkan dalam proses “komunikasi data”. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak apotek dalam mengelola data pegawai, data obat, data resep obat, data penjualan obat, data stok obat, data pelanggan, data pemasok, data faktur obat maupun pembuatan data laporan. 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hallooo gaann ijin share yaa :)

    Bagi Anda mahasiswa Teknik Informatika yang membutuhkan Source Code Contoh Program Apotek Berbasis Client Server ataupun yang lainnya, Anda dapat membelinya di www.SkripVb.com dengan harga yang sangat terjangkau, programnya lengkap dengan database dan contoh datanya sehingga Anda tinggal menggunakannya saja dan diterapkan pada makalah yang sedang Anda tulis. Source Code programnya juga dapat Anda modifikasi lagi dan Anda dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan makalah yang sedang Anda tulis.

    Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi www.SkripVb.com

    Apa yang Anda cari kami adalah solusinya.

    BalasHapus