Selasa, 08 November 2011

Organisasi Komputer

§Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi  antar  komponen  penyusun  sistem  komputer  dalam  merealisasikan  aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
§Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
§OSK → berhubungan dengan sumber daya komputer secara fisik dan berkaitan dengan organisasi, integrasi dan control komunikasi aliran data.
§Arsitektur Komputer → berhubungan dengan karakteristik yang terlihat oleh programmer.
§Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan  secara  langsung  ataukah  melalui  mekanisme  cache  adalah  kajian organisasional.


Struktur dan fungsi utama Komputer


Struktur Komputer
  Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Terdapat empat struktur utama:
     1. Central Processing Unit  (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan    pusat pengolahan fungsi - fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut   sebagai processor (prosesor) saja.
      2.  Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
      3. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
      4. System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori   utama dan I/O.
 Fungsi Komputer
§Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana. Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
     - Fungsi Operasi Pengolahan Data
     - Fungsi Operasi Penyimpanan Data
 -
Fungsi Operasi Pemindahan Data
 -
Fungsi Operasi Kontrol




PEMECAHAN MASALAH & PENGAMBILA KEPUTUSAN

Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi. Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal yang selalu buruk adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena kita jarang mengartikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk. Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah (problem) sebagai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan atau memiliki potensi untuk merugikan bagi sebuah perusahaan atau yang menguntungkan atau memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat dalam pengambilan keputusan, yaitu tindakan memilih berbagai alternatif tindakan. Keputusan adalah tindakan tertentu yang dipilih. Biasanya, pemecahan satu masalah akan membutuhkan beberapa keputusan. 

TAHAPAN TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH

Menurut Herbert A. Simon, pemecah masalah akan terlibat dalam empat hal:

  1. Aktivitas Intelijen. Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan.
  2. Aktivitas perancangan. Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.
  3. Aktivitas pemilihan. Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia.
  4. Akitivitas peninjauan. Menilai pilihan-pilihan masa lalu.

Untuk melakukan masing-masing aktivitas, pemecah masalah harus memiliki informasi. Sistem informasi, yang dikembangkan oleh pengguna (user) maupun spesialis informasi, akan memberikan informasi ini.

PENGGUNA SISTEM INFORMASI

         Manajer
         Non manajer
         Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan.

TINGKATAN MANAJEMEN
  1. Tingkat perencanaan strategis , direktur, wakil direktur, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan. Manajer Puncak membuat rencana jangka panjang ( 5, 10 / 20 tahun ke depan) atau mengambil keputusan yang mempengaruhi terhadap jalannya perusahan
  2. Tingkat pengendalian manajemen, manajer wilayah, ka. Divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan. Guna mencapai tujuan perusahaan maka harus direncanakan biaya , personil dll
  3. Tingkat pengendalian operasional, supervisor, pimpinan proyek, menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer diatasnya, merupakan tempat berlangsungnya operasional perusahaan. Manajer mempunyai wewenan untuk mengawasi operasional sehari-hari agar dapat berlangsung secara efektif dan efesien. Bertanggung jawab menjalankan rencana yang ditentukan oleh manajer tingkat atasnya.

APA YANG DI LAKUKAN OLEH MANAJER
Fungsi-fungsi Manajemen (Henri Fayol) :
         Plan (merencanakan), Manajer merencanakan apa yang akan dilakukan.
         Organize (mengorganisasikan), Manajer mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut.
         Staff (menyusun staf), Manajer menyusun staff organisasi dengan sumber daya yang
diperlukan.
         Direct (mengarahkan), Dengan sumber daya yang ada, para manajer mengarahkan untuk melaksanakan rencana tersebut.
         Control (mengendalikan), Akhirnya para manajer mengendalikan (controlling) sumber daya tersebut  menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.

Peran-peran Manajerial (Henry Mintzberg) :
         Peran Antar Pribadi
                        Tokoh (figurehead)
                        Pemimpin (leader)
                        Penghubung (liaison)
         Peran Informasi
                        Pemantau (monitor)
                        Pewarta (disseminator)
                        Jurubicara (spokesperson)
         Peran Keputusan
                        Wirausaha (entrepreneur)
                        Pengelola gangguan (disturbance handler)
                        Pembagi sumber daya (resource allocator)
                        Perunding (negotiator)
Keahlian Pihak Manajemen :
1. Komunikasi, manajer menerima/mengirimkan informasi dalam bentuk :
            a.  Lisan ; pada saat meeting, dll.
b.  Tulisan ; laporan, surat, dll.
2. Pemecahan Masalah, sebagai kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan (manajer terlibat dalam pengambilan keputusan).

EVOLUSI DI BIDANG APLIKASI KOMPUTER


Sistem informasi merupakan konsep sistem yang memungkinkan  manajemen  mengendalikan jalannya sistem fisik dari perusahaan.
Sistem fisik perusahaan terdiri atas sumber su,ber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin dan uang. Sedangan sistem virtual terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistemfisik, contoh ruang penyimpanan persediaan yang menyimpan barang barang persedian.
            Sistem fisik sebuah perusahaan adalah suatu sitem terbuka yang berinteraksi dengan lingkunganya melalui aliran sumberdaya fisik. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berkomunikasi dengan sistem lingkungan.

1.      SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
Sebelum ada komputer, perusahaan menggunakan konsep sistem dari kombinasi proses manual, mesin pembukuan, dan sistem punched card
Sistem pertama yang menggunakan komputer disebut sistem Electronic Data Processing (EDP)
Setelah itu diciptakan Accounting Information System (AIS)
Saat ini, istilah yang umum digunakan adalah Transaction Processing System.

2.      SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi para pengguna dengan kebutuhan yang serupa.
Informasi adalah Data yang diolah menjadi bermakna.
Informasi  tersebut menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.
-          Alasan terciptanya SIM :
         Meningkatnya kebutuhan akan output dari transaction processing system dalam dunia usaha.
         Kebutuhan akan pengolahan dan pengorganisasian output dari transaction processing system dalam pengambilan keputusan.
         Keinginan para pakar informasi dan perusahaan pembuat komputer untuk mengembangkan aktifitas mereka di dunia computer.

Informasi yang berasal dari data dalam database dihasilkan oleh dua jenis perangkat lunak :
        Perangkat Lunak Penulisan Laporan
                  periodik dan laporan khusus .
        Model Matematika
                  hasil dari simulasi beragam aspek operasi perusahaan.
Output dari informasi ini digunakan oleh manajer untuk membuat keputusan dalam memecahkan masalah perusahaan .



3.      SISTEM KANTOR VIRTUAL ( VIRTUAL OFFICE SYSTEM)
1964, teknologi computer diaplikasikan dalam pekerjaan kantor ketika IBM memperkenalkan magnetic tape typewriter. Aplikasi ini disebut pengolahan kata (word processing) dan merupakan awal dari Otomatisasi Kantor (Office Automation)
Otomasi Kantor : Pemanfaatan teknologi informasi di kantor atau tempat kerja.
Kemampuan aplikasi otomasi kantor untuk dapat digunakan dimana saja merupakan awal dari konsep Virtual Office
Virtual Office : pelaksanaan dari aktifitas kantor yang terbebas dari ketergantungan kepada suatu lokasi fisik tertentu

4.      SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM)
1971, istilah DSS diciptakan oleh G. Anthony Gorry dan Michael S. Scott Morton yang menyarankan supaya sistem disesuaikan dengan pemecah masalah tertentu dan masalah tertentu.
Decision Support Systems : sebuah sistem yang dikembangkan untuk membantu seorang manajer atau group kecil dari manager untuk memecahkan sebuah masalah
Kemampuan sebuah kelompok pendukung keputusan ditambahkan perangkat lunak berorientasi kelompok disebut Groupware.
Groupware ini yang memungkinkan DSS untuk bertindak sebagai Group Decision Support System (GDSS).
Dua bentuk penambahan yang terakhir dari DSS :
         Artificial Intelligence (AI) : kegiatan memberikan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang menyerupai kecerdasan manusia pada mesin seperti komputer
         Online proses analisis, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan gudang data dan secara cepat menghasilkan informasi dalam berbagai bentuk

5.      SISTEM PERENCANAAN SUMBERDAYA PERUSAHAAN ( ENTERPRISE RESOURCE    -  PLANNING SYSTEM)
1990-an, meningkatnya kebutuhan akan integrasi dari semua sistem yang ada sehingga berfungsi sebagai unit kordinasi.
Enterprise Resource Planning Systems (ERP) : sistem berbasis komputer yang memungkinkan manajemen dari seluruh sumber daya perusahaan melakukan konsolidasi.

SEJARAH SISTEM INFORMASI

Tinjauan mengenai sejarah sistem informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu.
1.      EVOLUSI PERANTI KERAS KOMPUTER
Komputer yang kita kenal sekarang dapat dilacak kembali ke sebuah mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator – ENIAC. ENIAC adalah pendahulu dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.
UNIVAC I yang pertama dipasang di sebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (U.S Cencus Bureau) tahun 1951. Mesin ini mampu melakukan kurang dari 2.000 kalkulasi per detik, jumlah yang luar biasa lambatnya jika dibandingkan dengan 2 miliar atau lebih instruksi per detik, yang umum untuk komputer mikro terkecil dan termurah yang ada saat ini. Komputer-komputer terdahulu, yang disebutmainframe, memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh seorang pengguna. Pertengahan 1960-an.
2.      KOMPUTER BERUKURAN LEBIH KECIL
Seiring dengan populernya komputer, para spesialis informasi menjadi semakin sulit mengikuti permintaan. Para pengguna merasa tidak sabar dan mulai meminta akses ke data berbasis komputer tanpa harus melalui spesialis informasi. Beberapa produsen komputer merespons dengan memproduksi dan memasarkan komputer-komputer yang semakin kecil dan lebih murah daripada mainframe. Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini (minicomputers), yang dengan cepat diikuti oleh komputer yang lebih kecil lagi yang disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro (micro). IBM memperkenalkan komputer mikronya, yang disebut personal computer atau PC, tahun 1982.
3.      HUKUM MOORE
Hukum Moore dicetuskan oleh Gordon Moore, salah satu pendiri Intel tahun 1960-an. Hukum ini menyatakan bahwa kerapatan penyimpangan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip silikon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Tahun 1970, tingkat pelipatgandaan telah meningkat menjadi 18 bulan, suatu tingkat yang terus berlangsung hingga hari ini. Arti hukum ini adalah bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat stiap 18 bulan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

PENGANTAR ARSITEKTUR KOMPUTER
         Central Processing Unit (CPU) : mengendalikan seluruh komponen lainnya
         Random Access Memory (RAM) : berfungsi sebagai tempat kerja sementara dari CPU (primary storage)
         Storage Device : berfungsi secara permanen untuk menyimpan data (secondary storage). Contohnya: CD-ROM, Floppy drive, Hard disk
         Alat input : Keyboard, mouse komputer, scanner, touch screen, dll
         Alat output : monitor dan printer

PENGANTAR ARSITEKTUR KOMUNIKASI

Komunikasi antar komputer dibatasi oleh adanya fakta diprioritaskanya komunikasi telepon antara manusia. Standar dan prosedur komunikasi telepon tidak pernah dimaksdudkan untuk mengakomodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang di butuhkan antar kompuer. Modem adalah sebuah alat piranti keras yang memodulasi sinyal digital dari sebuah komputer (baik itu mati atau hidup, seperti sebuah saklar lampu0 ke dalam sinyal analog ( suatu gelombang kontinu, misalnya bunyi suara), dan sebaliknya.
            Seiring dengan munculnya jenis jenis komunikasi baru, maka di butuhkan pula jenis jenis modem baru. Kini telah tersedia beberapa jenis "digital". bebrapa tersambung ke kabel yang membawa sinyal televisi ke dalam rumah sedangkan yang lain tersambung ke sambungan telepon. Revolusi nirkabel pun terus berlanjut. Namun masih terdapat awan yang masih menggantung di cakrawala komunikasi nirkabel, yaitu masalah keamanan. Meskipun jaringan nirkabel murah dan mudah di pasang,  sebagian besar pengguna tidak mengimplementasikan fitur fitur keamanan yang ada. Solusi yang paling mudah atas masalah ini adalah membeli piranti keras dan piranti lunak seperti firewall ketika membeli jaringan nirkabel.